Sabtu, 09 Oktober 2010

Teori promosi produk yang super

Setiap orang yang bertanya tentang di bagian/ apa saya bekerja. Mereka berujar “ooo..bagian promosi, jualan produk ya …?.”

Padahal, promosi tidak selalu menjual. Walaupun berada pada divisi pemasaran. Seharusnya dipahami bahwa bagian promosi memiliki fungsi berbeda yang tidak sekedar “menjual”. Karena bila fungsi tersebut salah diartikan maka fungsi promosi yang sebenarnya dapat merusak kinerja divisi pemasaran sebagai induknya.

Pada intinya promosi berarti mengenalkan produk kepada konsumen, pengenalan ini ada dalam beberapa hal, yaitu : isi produk, kemasan, harga, merek dan imej (kesan yang ditampilkan) … 4 hal tersebut harus sampai pada benak konsumen. Nah, pada ujungnya nanti adalah pembelian dan akan menimbulkan loyalitas konsumen.

Kalau kita hanya “menjual-menjual saja”, maka kita akan kelelahan karena konsumen melakukan pembelian dikarenakan pemikiran yang singkat (short) dan tidak akan timbul loyalitas merek.

Intinya, jual produk anda sekaligus jual 4 hal diatas. Sehingga konsumen tidak hanya membeli produk tapi juga membeli 4 hal diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar